| by | Filed under Bola, Dunia.

Spanyol berhasil keluar sebagai pemenang atas Italia lewat drama adu penati yang berakhir dengan skor 7-6 pada pertandingan semifinal piala konfederasi, Jum’at (28/6/13) WIB. Estadio Castelao, Fortaleza, menjadi saksi pertandingan 120 menit yang seru sekaligus menegangkan bagi kedua tim terbaik Eropa.

Laga yang berjalan alot di 2 x 45 menit hingga 2 x 15 menit babak tambahan tak satu pun gol yang tercipta dari kedua tim dan akhirnya drama adu penalti pun tak terhindarkan. Ialah Jesus Navas yang memastikan kemenangan Spanyol di babak tembak-menembak setelah tembakan bek Gli Azzurri Leonardo Bonucci melenceng dari gawang Casillas.

Spanyol vs Italia Semifinal Piala Konfederasi 2013

Dengan hasil tersebut, Italia yang menargetkan misi balas dendam setelah kalah 4-0 di final Euro 2012 silam harus kembali menelan pil pahit. Pada Minggu (30/6) mendatang, Final piala konfederasi akan mempertemukan Brasil vs Spanyol yang digelar di Estadio do Maracana. Sementara Italia menghadapi Uruguay dalam perebutan tempat ketiga di hari yang sama.

Review pertandingan:

Jalannya pertandingan babak pertama, kedua tim bermain menyerang namun Gli azzuri lebih banyak mengandalkan serangan balik yang kadang menghadirkan peluang emas . Sementara kokohnya pertahan Italia, membuat para pemain Spanyol kewalahan untuk menebusi hingga serangan balik Italia-lah yang paling membahayakan bawang dari Iker Casillas. Namun hingga babak pertama skor kacamata tak berubah.

Masuknya babak kedua, Italia tak mengendorkan serangan hingga beberapa kali Casillas pun harus berkali-kali jatuh untuk menyelamatkan gawangnya. Di sisi lain Spanyol semakin kebingungan membongkar pertahanan Gli Azzurri, hanya mengandalkan sepakan jarak jauh untuk bisa mencetak gol. Namun sampai waktu normal berakhir, skor masih 0-0.

Pada waktu ekstra 2 x 14, kedua tim bermain tambah ngotot tak ayal kedua tim pun sama-sama punya kans besar mencetak gol. Di menit 92, tendangan kaki kiri Giaccherini membentur tiang gawang Casillas. Hal yang sama juga terjadi pada Xavi Hernandez jelang akhir waktu tambahan kedua. Namun lagi-lagi skor tetap 0-0 tak berubah.

Drama adu penalti pun terjadi, lima penendang kedua tim sukses menjalankan tugasnya, namun enam dan tujuh eksekutor Spanyol sukses saat babak tos-tosan. Sementara satu-satunya gol pemutus harapan Italia adalah Leonardo Bonucci.

Susunan pemain:

Spanyol: Casillas, Sergio Ramos, Arbeloa, Piqué, Jordi Alba, Iniesta, Xavi, David Silva (Navas 53′), Busquets, Fernando Torres (Javi Martinez 94′), Pedro (Mata 79′).

Italia: Buffon, Barzagli (Montolivo 46′), Bonucci, Chiellini, De Rossi, Maggio, Marchisio (Aquilani 80′), Candreva, Giaccherini, Gilardino (Giovinco 91′).