| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Dalam membeli oli untuk mobil – motor Anda jangan asal-asalan karena ini merupakan hal yang cukup penting, oli yang kurang tepat kadar viskositas maupun material oli akan sangat berpengaruh pada kinerja mesin kendaraaan. Bahkan, oli yang tidak sesuai bisa merusak komponen dalam mesin dan tentunya akan merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaikinya.
membedakan oli asli - palsu
Sekarang ini telah marak beredar oli palsu berkemasan dan menjadikan kita untuk lebih berhati-hati dalam membeli pelumas mesin kemasan tersebut. Untuk itu bagaimana cara membedakan antara oli palsu dan asli? Berikut ulasanya.

Pertama, lakukan pemeriksaan pada kemasan dengan teliti sebelum membeli karena pada umumnya oli palsu mempunyai warna, stiker ataupun hologram kemasan terlihat kusam dan kurang nyata. Selain itu, tekstur yang kasar dan tipis menandakan botol oli tersebut adalah hasil daur ulang yang dikumpulkan untuk digunakan kembali.

membedakan oli palsu dan asli

Kedua dengan melihat segel dan tutup botol, apakah rapi atau tidak yaitu seperti kode dan kesejajaran angka/huruf pada tutup botol sama. Selain itu, biasanya dilengkapi dengan aluminium foil, lengkap dengan logo pada bagian atas produk yang bisa jika diterawang. Sedangkan jika membuka penutup botol akan terasa keras/susah.

Oli Asli dan Palsu

Ketiga, bisa dikenali dari isi oli, baik itu dari segi warna, bau, ukuruan maupun dari kekentalan. Biasanya untuk oli asli akan memiliki warna yang sedikit bening, lembut dan bersih serta memiliki bau yang khas. Sedangkan untuk ukuran akan terlihat sesuai dengan yang tertera pada striker. Untuk kekentalan, oli asli lebih encer ketimbang oli palsu.