| by | Filed under Motor, Otomotif.

Produsen sepada motor untuk di Tanah Air tentu saja masih dikuasai oleh Jepang sampai saat ini, meskipun sebelumnya pabrikan asal China dan Taiwan pernah coba untuk beradu dengan varian low price-nya namun akhirnya tumbang juga. Kini pabrikan sepeda motor asal India, Bajaj datang dengan varian sport-nya yang menawarkan teknologi “beda rasa” mencoba bersaing dalam dominasi produk Samaurai Biru di Indonesia.

Tiga pabrikan sepeda motor terkemuka Jepang “Yamaha, Honda dan Suzuki” yang telah mengeluarkan kelas sport 4tak terbaru mereka dengan mengusung mesin 150 – 200cc “New Yamaha V-Ixion, Byson, Honda CB150R StreetFire, New Tiger, New Megapro dan New Suzuki Satria FU 2013“, coba diusik dengan kehadiran Bajaj Pulsar 200NS dan KTM Duke 200.

Dua motor ini berasal dari India dengan perakitan dan fasilitas Produksi yang sama. Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS merupakan sepeda motor yang di desain oleh Edgar Heinrich asal jerman sedang KTM Duke 200 adalah hasil kolaborasi tim teknis KTM di Austria dengan pabrik perakitan Bajaj di India. Keduanya telah dipasarkan di Indonesia dibawah PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) dan PT. Mutiara Motor Indonesia (MMI).

Seperti diketahui, Jepang merupakan negara Industri Otomotif yang hampir merajai setiap negara di benua Eropa, Amerika maupun Asia – salah satunya Indonesia. Untuk di Tanah Air, sepeda motor menjadi produk terlaris negara samurai biru dengan mengokohkan tiga pabrikan terkemuka (Honda, Yamaha dan Suzuki) yang sudah ada sejak beberapa dekade silam.
motor-india-vs-jepang
Dengan hadirnya dua varian sport kelas 150 – 200cc asal India di Tanah Air mampukah menghadang enam kesatria Jepang Indonesia ? Hanya waktu yang menjawabnya.