| by | Filed under MotoGP, Otomotif.

MotoGP akan menggunakan peraturan baru pada GP 2014, mengingat kategori Claiming Rule Team (CRT) yang menggunakan mesin produksi massal dan sasis prototipe pada musim depan akan dihapus. Regulasi ini telah resmi disepakati pada 13 Juli lalu di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Tim Repsol Honda 2011

Dalam regulasi tersebut, tim pabrikan memperbolehkan menurunkan empat pebalapnya untuk berpartisipasi (termasuk konstruktor motor dan konstruktor sasis) meski desain dan perangkat internal mesin yang digunakan harus sesuai dengan regulasi homologasi MotoGP, yakni tidak diperbolehkan untuk diubah selama musim balap berjalan sedangkan bagi nonpabrikan tidak.

Selain itu, jumlah mesin yang digunakan satu pebalap permusim yaitu 5 – 9 sementara untuk nonpabrikan maksimal 12 mesin dan wajib menggunakan perangkat elektronik (ECU) resmi MotoGP bagi tim non/pabrikan, meski diperbolehkan untuk mengembangkan dan menggunakan software mereka sendiri.

Untuk pemakaian bahan bakar tim pabrikan akan dibatasi 20 liter dan nonpabrikan 24 liter. Rapat ini disepakati dan dihadiri oleh CEO Dorna Sports selaku promotor, Carmelo Ezpeleta beserta beberapa perwakilan dari Federasi Balap Motor Dunia (FIM), Asosiasi Tim Balap (IRTA) dan Asosiasi Konstruktor Balap (MSMA).