| by | Filed under Video, Video Otomotif.

Mungkin hampir mustahil bisa mengendarai sepeda motor diatas permukaan air, bukan ? Tetapi nampaknya, dalam salah satu program televisi terpopuler di Amerika, MythBuster, membuat sebuah episode unik, di mana sepeda motor dapat berjalan di atas air. Acara hiburan ini, dibintangi oleh Adam Savage dan Jamie Hynema yang ingin membuktikan secara ilmiah bahwa mereka bisa mengendarai sepeda motor diatas air tanpa menggunakan pelampung ataupun memodifikasi bagian tertentu dari sepeda motor tersebut.

Motor Jalan Diatas Air

Bukanlah perkara mudah dalam melakukan aksi ini, pengendara harus membutuhkan momentum tepat yakni motor harus dipacu dengan sangat cepat hingga bisa melayang. Dalam video ini, tidak disebutkan jelas dimana lokasi shooting pengambilan episode ini, hanya saja motor tersebut memang sempat berjalan di atas permukaan air di sebuah danau yaitu dengan jarak sejauh lebih dari 10 meter, sebelum akhirnya tenggelam juga.

Aksi serupa pernah dilakukan Juara dunia Enduro 5 kali, Ivan Cervantes. Dia mencoba menantang dirinya sendiri yaitu coba melintas di atas permukaan air dengan mengendarai sepeda motor. Pembalap kelahiran 2 Mei 1982 itu melaju di kubangan dengan luas 5 meter dan dalam 141 cm di wilayah daratan Madrid, Spanyol.

Pembalap asal Spanyol itu beberapa kali mengalami masalah, hingga Ia dan motor sendiri harus tercebur ke dalam lumpur kubangan. Bahkan, meski telah melaju dengan kecepatan tinggi, sekitar 90 km/jam, Cervantes tetap saja tenggelam bersama motor trailnya. Tak lantas menyerah, saat percobaan ke empat kalinya, Ia berhasil melintasi permukaan kolam dengan mulus.