| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Tidak bisa dipungkiri setiap kali usai melakukan perjalanan jauh, sepeda motor pasti akan menimbulkan banyak kotoran terutama pada bagian luar dan dalam mesin. Biasanya pada bagian dalam, ruang pembakaran atau silinder mengalami penimbunan kerak. Sedangkan bagian luar, kolong atau bawah mesin menjadi pusat macam kotoran.

Untuk itu, bagi yang ingin berhemat Anda bisa melakukan perawatan itu sendiri dengan cara mudah dan murah. Tak perlu peralatan rumit untuk bagian dalam (silinder kop), cukup siapkan kunci busi dan duit sekitar Rp 50 ribuan saja untuk membeli engine conditioner.

Dan pada bagian luar (kolong mesin), Anda hanya perlu menyiapkan beberapa barang seperti air, sabun cuci khusus sepeda motor, sikat plastik yang kasar.

Silinder Kop
Bersihkan Silinder Kop Motor

Caranya yaitu dengan membuka busi terlebih dahulu, lalu semprotkan engine conditioner secukupnya dan diamkan beberapa saat. Ini bertujuan agar formula engine conditioner bereaksi dan merontokkan semua kerak pada dinding silinder cop.

Selanjutnya, pasang kembali busi dan hidupkan mesin yang turut diikuti dengan gas yang dimainkan hingga keluar asap pada knalpot. Jika memang terdapat kotoran, asap akan berubah warna menjadi kecoklatan. Ulangi cara ini hingga beberapa kali persis seperti cara di atas agar silinder bisa tetap bersih secara maksimal.

Bawah Mesin
Bersihkan Bawah Motor

Pertama-tama, siapkan air dengan sabun sesuai dengan tingkat proporsi kotorannya (Jika sangat tebal, tambahkan lebih banyak sabun). Selanjutnya, basahi bawah bawah mesin lalu rontokkan kotoran dengan sikat sebelum melakukan pembersihan penyelesaian dengan sikat pekai air sabun.

Jika ternyata kotoran tersebut bercampur oli, ada baiknya bersihkan dulu dengan minyak tanah sebelum dibersihkan menggunakan air sabun.