| by | Filed under Bola, Dunia.

Mungkin sudah banyak para pesepakbola yang memiliki kerja samping, terlebih lagi bagi pesepakbola profesional dan top dunia. Sebut saja dua bintang dunia abad melenium ini, Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi. Selain sebagai seorang pesepakbola, keduanya kerap kali menjadi model atau bintang iklan.

Namun, ternyata ada juga para pemain sepakbola yang memiliki kerja samping yang unik. Siapa saja mereka ? Berikut 5 pemain sepak bola yang memiliki profesi sampingan paling unik.

1. Socrates (Dokter)

Socrates (Dokter)Socrates adalah salah satu legenda sepakbola Brasil, juga merupakan dokter lulusan Faculdade de Medicina de Ribeiro Preto. Pemain yang wafat pada 4 Desember 2011 itu meraih pencapaian yang jarang dilakukan pesepakbola yaitu dengan meraih gelar dokter saat masih aktif bermain sepakbola. Mantan pemain Fiorentina itu membuka praktek di Rumah Sakit Ribeiro Preto setelah pensiun.

2. Steve Savidan (Tukang Sampah)

Steve Savidan (Tukang Sampah)Pada 13 November 2008, Savidan membuat sensasi di sepakbola Prancis. Ya, striker yang ketika itu memperkuat Caen ini dipanggil pelatih Raymond Domenech untuk menghadapi Uruguay di laga persahabatan. Savidan yang saat itu berusia 30, bermain di babak kedua.

Laga melawan Uruguay menjadi satu-satunya caps Savidan bersama Les Blues. Savidan mengaku bangga dengan pencapaiannya tersebut. Pasalnya, empat tahun sebelumnya Savidan pernah bekerja sebagai tukang sampah ketika bermain untuk klub Divisi 6 Liga Prancis, Angoulme CFC.

3. Morten Gamst Pedersen (Anggota Boy Band)

Morten Gamst (Boy Band)Salah satu gelandang timnas Norwegia ini memiliki kegiatan unik di luar lapangan yaitu Ia ternyata seorang frontman boy band asal Norwegia, The Players. Pemain Blackburn Rovers itu membentuk The Players bersama sejumlah pesepakbola lainnya, Freddy dos Santos, Raymond Kvisvik, Kristofer Hstad dan Oyvind Svenning, pada 2006.

Lucunya, satu-satunya single yang dikeluarkan The Players adalah lagu berjudul “This Is For Real”. Lagu tersebut menjadi hits di sejumlah negara Skandinavia. Semua uang hasil penjualan lagu tersebut didonasikan ke Palang Merah Internasional.

4. Gheorghe Popescu (Mata-mata)

Gheorghe Popescu (Mata-mata)Popescu yang pernah membela tim Barcelona, Tottenham Hotspur, PSV Eindhoven dan Galatasaray ini. Siapa sangka, Ia pernah menjadi seorang mata-mata di badan intelejen Rumania, Securitate pada awal karier sepakbolanya ketika masih memperkuat Universitatea Craiova tim sepakbola bentukan tentara nasional Rumania.

Pada waktu itu, Popescu bertugas sebagai penyuplai informasi apakah ada pesepakbola yang menjadi pembelot negara. Dan ketika tahun 1988, Ia dipinjamkan dari Craiova ke Steaua Bucuresti, dirumorkan mendapat sejumlah pemain Steaua yang terlibat pemberontakan.

5. Ray Wilson (Ahli Kubur)

Ray Wilson (Ahli Kubur)Ray merupakan bek kiri yang mengantarkan Inggris menjuarai Piala Dunia 1966. Setelah pensiun pada 1971, Wilson sempat menangani Bradford City sejenak. Di tahun yang sama, mantan pelatih Everton itu langsung memulai bisnis jasa penguburan mayat, pekerjaan yang digelutinya sebelum menjadi pesepakbola profesional. Bahkan, perusahaan jasa penguburan mayat Wilson di Huddersfield meraih sukses. Wilson pensiun di bidang itu pada 1997.