by | Filed under AFC, Bola.

PSSI masih mengandalkan pemain keturunan Belanda (Naturalisasi) dalam membela Timnas Indonesia di ajang Internasional. Telah banyak nama yang masuk kedalam skuad dan diantaranya sempat bersinar, seperti Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales.

Namun dibalik itu, tak sedikit juga pemain naturalisasi yang gagal meneruskan keberadaannya di skuad timnas sehingga mereka bagaikan opsi alternatif dikala tidak menemukan pemain yang pas. Siapa saja pemain tersebut? Berikut lima pemain naturalisasi yang gagal bersinar di Timnas Indonesia sepanjang tahun 2011 sampai 2013.

1. Kim Kurniawan

Naturalisai Gagal 1

Kim menjadi pemain naturalisasi pertama milik Indonesia hanya sekali mencicipi caps di timnas U-23. Kiprah pemain berusia 23 tahun ini kian tenggelam seiring munculnya pemain yang berposisi sama dengannya salah satunya adalah Diego Michiels yang memiliki kualitas lebih baik.

2. Jhonny Rudolf van Beukering

Naturalisai Gagal 2

Sejak menjadi WNI pada Oktober 2011, Van Beukering hanya dua kali membela Indonesia. Yakni saat melawan Timor Leste di laga uji coba dan saat melawan Malaysia di Piala AFF 2012. Kedatangannya pun memang menimbulkan banyak pro dan kontra.

3. Joey Suk

Naturalisai Gagal

Pemain naturalisasi ini sempat masuk dalam daftar skuad timnas senior dan digadang-gadang sebagai bintang naturalisasi berkat kemampuannya di lini tengah. Namun, karena klubnya tak mengizinkannya, Ia pun gagal membela Merah Putih dan namanya pun semakin terlupakan.

4. Tonnie Cusell

Naturalisai Gagal 4

Pemain yang dinaturalisasi pada Oktober 2011 ini sempat tampil bersama Indonesia pada Piala AFF 2012 lalu. Namun seiring kembali bersatunya para pemain ISL dan IPL dalam satu timnas, namanya pun seolah terlupakan dan tenggelam oleh nama-nama lokal.

5. Ruben Wuarbanaran

Naturalisai Gagal 5

Satu angkatan dengan Diego Michiels saat dinaturalisasi, Ruben hanya sekali memperkuat timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2011. Merosotnya performa dan fisik kemungkinan alasan mengapa Ia tidak dipanggil lagi membela timnas.