| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Maraknya peredaran busi palsu dipasaran membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memilih perangkat suku cadang kendaraan yang satu ini. Dikarenakan, pemakaian busi abal-abal tersebut pada kendaraan dapat mengakibatkan performa mesin jadi tidak karuan atau bahkan jebol.

Jenis Busi

Pada busi gedongan biasanya mengusung material yang tidak tahan panas sehingga jika kendaraan dijalankan dalam putaran tinggi pada mesin dapat menyebabkan center electroda busi maupun batang ground electroda akan mencair sedikit demi sedikit, higga lama kelamaan pengapian jadi kacau dan dapat berakibat membahayakan mesin. Untuk itu, ada baiknya kenali perbedaan antara busi palsu dan asli dengan teliti.

Disini kita merekomendasikan busi NGK, yakni hal pertama untuk mengetahui busi asli atau tidak jika pertama kali membeli yaitu biasanya menandakan tutup plastik ada pada ulir busi yang menandakan bahwa busi tersebut asli. Selain itu ada beberapa cara lain yakni sebagai berikut.

  1. Pada terminal nut, ulir pada busi asli lebih halus dan rapi ketimbang yang palsu.
  2. Penulisan part number pada busi asli rapi teratur sementara untuk yang palsu tulisan bisa lebih tebal atau tipis dan posisi yang tidak rapi.
  3. Busi NGK asli selalu memiliki nomor lot produksi di bagian hexagonal yang dapat ditemui dan tidak terdapat pada busi palsu.
  4. Metal Shell busi asli terbuat dari bahan besi baja yang kuat dan tahan panas sehingga pada busi asli akan tahan korosi dan warna tidak pudar meski tersimpan lama.
  5. Gasket/ring busi palsu mudah terlepas sedangkan untuk asli lebih susah terlepas, selain itu mereka mengklaim jika ring tersebut tak akan bisa lagi dipasang.
  6. Ujung elektroda, gap dan penyambungan pada busi asli terlihat rapi sehingga untuk patah dan merusak mesin kecil kemungkinan.

busi asli dan palsu