| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Peredaran ban dalam palsu kini semakin maraknya meskipun alternatif lain untuk menghidarinya adalah dengan memakai ban tipe tube. Namun bagaimana bila yang tidak menginginkan ban tipe tersebut, apakah ada cara lain untuk mengetahuinya perbedaan ban dalam palsu dengan yang asli? pertanyaan ini mungkin akan timbul.

Ban Dalam Motor
Ban dalam palsu memang memiliki kualitas jauh dari standart terutama pada bagian sambungan dan valve atau pentil yang rentan terjadi kebocoran saat dipakai karena kurang kuat meski tidak terkena benda tajam atau gesekan dengan pelek maupun bagian dalam dari ban luarnya.

Untuk itu PT Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban IRC dan Zeneos coba memberitahukan “ cara membedakan ban dalam asli dan palsu” pada merek IRC. Pihaknya mengatakan yang paling mudah untuk mengetahui mana ban dalam asli dan palsu yakni baunya. Dimana yang asli, bila dikeluarkan dari bungkusnya maka tidak tercium bau kimia yang menyengat.

Selain itu, pada kemasan akan terlihat mold atau timbul pada cetakan merek IRC serta fisik memiliki ke elastisan dan kelenturan pada ban dalam asli, sementara yang palsu malah sebaliknya (tidak timbul dan kaku). Tidak hanya itu, perhatikan juga kode produksi dekat pentil.