| by | Filed under Motor, Otomotif.

Usai melahirkan dua mobil produksi lokal, produsen mobil Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) dikabarkan kini bakal menjajal ke segmen kendaraan roda duna ‘motor’ meski saat ini produksi mobil mereka harus berjuang menghadapi persaingan dengan kendaraan low cost green car (LCGC) yang saat ini beredar di Tanah Air.

Mobil Esemka

Merambah segmen baru tentu membuka babak baru dalam persaingan dengan produsen sepeda motor asal Jepang dan negara lainnya yang sudah lama bercokol di Indonesia. PT SMK pun sudah membeberkan jenis sepeda motor yang akan dibuatnya, diantaranya motor listrik, motor matik atau skuter serta motor sport.

Bahkan wujud prototipe dari motor tersebut sudah ada dan masih butuh dikembangkan oleh bagian riset dari PT SMK. Nantinya kedua motor berbahan bakar bensin tersebut akan berkapasitas mesin 110 cc untuk matik sampai dengan 250 cc untuk jenis motor sport.

Namun ketiga sepeda motor tersebut paling cepat untuk diwujudkan pada tahun 2015 mendatang seperti diungkapkan oleh Humas PT SMK, Sabar Budi, “Perjalanannya masih panjang. Ya mungkin tahun 2015, ” tuturnya. Untuk saat ini PT SMK masih konsentrasi pada mobil Esemka.