| by | Filed under Motor, Otomotif.

Setelah masuknya era millenium perkembangan dunia dan industri otomotif sejagat begitu cepat dalam menghadirkan produk baru mereka sehingga cukup banyak di dunia ini sepada motor yang telah mengaspal dan hampir kita tidak mengetahui apa saja jenis dari sepeda motor tersebut. Dibawah ini delapan jenis kategori sepeda motor yang sudah melintang lebih dulu:

1. Moped (Motor Bebek Berpedal)

Yamaha after high resolutio
Moped atau sepeda motor berpedal merupakan kendaraan roda dua bermesin kecil yang sangat dilaris di kawasaan Asia, termasuk Indonesia pada tahun 70-90. Awalnya motor ini bertenaga pedal manusia dan setengah listrik hingga akhirnya bertransformasi menjadi sebuah sepeda motor bertenaga bensin dan menjadi sepeda motor bebek seperti sekarang ini dengan memiliki pengendalian melebihi skuter namun lebih ekonomis dari motor sport.

2. Skuter
Vespa LX 150-2013
Sepeda motor skuter sudah lama bergema dikendaraan roda dua, Vespa Piaggio adalah pencetus dari kendaraan  berukuran kecil ini dengan memiliki kemudi yang luas. Kini skuter telah berevolusi menjadi sepeda motor dengan mesin dan konsumsi bensin yang baik dan kelincahan dalam menyelip lalu lintas.

3. Sport

Yamaha YZF R125
Motor sport atau sport bike adalah sepeda motor yang mengutamakan performa dan pengendalian dalam menaklukkan lintasan aspal. Sepeda motor yang mengandalkan sistem aerodinamis serta posisi mengemudi pun difokuskan untuk menjaga titik gravitasi membuat kendaraan ini banyak diminati. Untuk jenis ini, pertama kali dikembangkan untuk keperluan balapan, namun kini telah masuk kedalam dunia fashion otomotif.

4. Sport Touring

CB300r Divulga
Motor sport touring atau sering disebut dengan street fighter, adalah jenis kendaraan roda dua yang termasuk kedalama motor sport namun lebih kepada menggabungkan sisi kenyamanan dalam berkendara. Hal terlihat dari bentuk sepeda motor tersebut.

5. All Terrain Vehicle

Yamaha YFZ450
Untuk jenis yang satu ini, merupakan sepeda motor yang termasuk dalam jenis offroad, namun mempunyai 4 roda karena untuk digunakan segala medan terutama yang lebih ekstrim sehingga tidak berfokus kepada kecepatan, akan tetapi tenaga mesin yang besar dan kuat untuk menaklukkan medan.

6. Cruiser

New 2008 Yamaha XV1900
Jenis dan gaya motor ini adalah Chopper dan Retro Classic karena memiliki posisi stang yang tinggi dan kadang rendah namun panjang, serta posisi kaki yang relatif ke depan yang mempunyai posisi kursi rendah sehingg menciptakan kenyamanan dalam mengemudi. Di dukung dengan torsi mesin yang besar dan mempunyai kemampuan menarik beban besar.

7. Dual Sport
Motorcross KLX450R
Motor ini sering disebut motor cross karena termasuk dalam jenis motor offroad bike dengan memiliki posisi mesin yang tinggi, ban kasar dengan permukaan khusus menyerupai pacul atau tahu yang dikhususkan untuk melibas medan berat, seperti medan berbatu dan berlumpur. Jarak stang yang dibuat supaya dapat dikendalikan dengan mudah saat melewati rintangan. Motor jenis ini tidak mengejar top speed, namun dapat berakselerasi dengan cepat karena difokuskan pada gigi rendah seperti gigi 1 dan 2. Motor jenis ini memiliki jenis suspensi yang lebih daripada motor lain karena penggunaannya di medan berat.

8. Touring

Honda Gong Wing

Jenis motor yang digunakan untuk kenyamanan pada perjalanan jauh. Kebanyakan motor touring memiliki fitur-fitur mewah seperti GPS, TV, Radio, kursi penumpang yang besar, dan lemari yang banyak sehingga untuk menempuh perjalanan bermil-mil sangat nyaman.