| by | Filed under Otomotif, Tips Trik & Modifikasi.

Starter listrik yang terdapat pada bagian kendaraan mobil maupun motor tentu mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kendaraan kita yang dapat mempermudah  dalam menyalakan/menghidupkan mesin, apalagi di era moderen sekarang ini yang segalanya membutuhkan waktu serba cepat.

Elektrik Starter Pada Motor

Baik halnya dengan kendaraan kita, starter juga membutuhkan perawatan berjangka waktu agar sektor penting kendaraan tersebut tidak menyusahkan diwaktu genting (meskipun perawatannya terbilang mudah). Perlu diketahui, cara kerja starter listrik mobil dan motor hampir sama, jadi perawatannya pun bisa disatukan, namun yang membedakan adalah masalah waktu (tergantung mobilitasnya). Lantas bagaimana cara merawatnya? Berikut cara mudah merawat starter listrik pada mobil dan motor.

1. Untuk pertama, bersihkan pada bagian yang lebih mudah yakni membersihkan penghubung arus listrik seperti switch, soket atau konektor dari kotoran dengan menggunakan penetran, agar aliran listrik tetap stabil. Selain itu, konektor tombol starter dibersihkan dari kerak memakai amplas halus, yang tujuannya tetap sama.

Perawatan Pada Bagian Jika Memungkinkan:

2. Periksa jarak poros dan bantalan armature dan bila terlalu longgar coba ganti bantalannya. Cek juga permukaan armature dari kehausan, seandainya haus maka harus di ganti. Selain itu, jangan sampai ada hubungan arus singkat pada armature atau lilitan armature dengan massa.

3. Selain itu, liat juga kerataan dan permukaan komutator, jika tidak rata hal ini bisa diperbaiki atau di ganti.

4. Sebaiknya dilalukuan perbaikan jika kedalaman segmen mikamika dangkal sekali lebih dari 0,8 mm.

5. Cek roda gigi starter jika terjadi keausan, segeralah ganti.

6. Beri pelumas secukupnya pada pengerak sambungan pada motor starter.

Dinamo Starter